Kegunaan plafon untuk rumah sangat penting. Mungkin Anda berpikir jika plafon hanya digunakan untuk keamanan dan sebagai pembatas tinggi ruangan saja. Namun, nyatanya kini fungsi plafon sendiri bisa lebih dari itu. Plafon bisa digunakan sebagai hiasan yang membuat ruangan terlihat lebih cantik dan juga bagus. Namun, untuk masalah perawatan sendiri plafon berbahan gypsum memang tidak bisa sembarangan.

Tips Merawat Plafon Gypsum

Sebab, bisa dibilang bahwa plafon gypsum mudah retak menjadi sebuah kelemahan tersendiri dari plafon yang satu ini. Anda juga perlu memerhatikan dari segi kebersihannya supaya tetap sedap dipandang mata terutama bila ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda.

Perawatan Plafon Gypsum

Nah, mungkin Anda berencana untuk membeli plafon gypsum karena melihat kelebihannya. Namun, pastikan jika Anda juga sudah siap melakukan perawatan terhadap plafon jenis ini. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi tentang cara perawatan pada plafon yang bisa Anda lakukan adalah:

1. Menghindarkannya Dari Air

Ketika musim hujan, rembesan air bisa saja mengenai plafon gypsum dan itu bukan hal yang bagus, karena salah satu kelemahan dari plafon ini adalah tidak tahan terhadap air. Jadi, sebelum Anda memasang plafon tersebut sebaiknya melakukan pencegahan dan beberapa pengaturan agar plafon gypsum tak terkena air saat hujan tiba. Harga plafon gypsum juga bisa memengaruhi kualitasnya. Anda harus mencari penjual dengan penawaran harga yang tak terlalu mahal, tapi juga tak terlalu murah. Sebab, bisa saja plafon dengan harga yang murah itu justru sangat cepat rusaknya. Sebelum membeli, Anda harus melakukan beberapa riset kecil mengenai harga yang pas untuk plafon gypsum yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Menghindarkan Plafon dari Benturan

Selain tidak tahan terhadap air, plafon gypsum juga bisa rusak karena benturan keras. Maka dari itu, pertimbangkan hal ini sebelum Anda pergi ke tempat jual plafon gypsum murah. Sebaiknya Anda mencari toko atau tempat yang dekat saja agar bisa meminimalisir benturan yang terjadi, sehingga plafon Anda bisa sampai rumah dengan aman.

3. Melakukan Pembersihan Rutin

Rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih dan rapi. Oleh karena itulah Anda harus benar-benar memerhatikan soal kebersihan ini. Termasuk kebersihan plafon rumah tersebut. Biasanya plafon lebih sering didiami oleh sarang laba-laba atau semacamnya sehingga membuat tampilannya jadi tidak bagus untuk dilihat. Melakukan pembersihan rutin ini bisa dilakukan seminggu sekali agar rumah tetap terjaga keindahannya.

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan jika ingin plafon gypsum rumah tetap awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, juga bisa melakukan pengecatan ulang jika Anda mau untuk membuat plafon senantiasa dalam keadaan seperti baru. Memang berhati-hati sangat diperlukan jika Anda telah memutuskan untuk memakai bahan gypsum ini. Harga plafon gypsum yang ada di pasaran pun banyak macamnya. Anda juga bisa memesan plafon sesuai dengan ketebalan yang  diinginkan jika memang memiliki budget lebih.

Membeli sesuatu memang mudah, tapi merawatnya yang sulit dan membutuhkan ketelatenan tingkat tinggi, tapi jangan sampai sesuatu yang Anda miliki tersebut jadi rusak karena tidak dirawat dengan benar sehingga berpotensi membuat Anda mengeluarkan biaya lagi.

Leave a Reply