Ingin mendapatkan privasi atau kenyamanan? Maka bisa menambahkan material peredam suara dalam partisi konstruksi dinding bangunan. Penambahan peredam suara praktis melindungi sebuah ruangan dari kebisingan di area luar selain ruangan tersebut. Pun sebaliknya, bisa menyerap suara dari dalam agar tidak terdengar sampai keluar.

Perbedaan dari 2 Jenis Peredam Suara

Umumnya peredam suara dipasang pada studio musik, bioskop, ruang meeting, sampai kamar atau ruang pribadi ketika dibutuhkan. Jenis peredam suara ada dua, pertama glasswool dan yang kedua adalah rockwool. Berikut detail perbedaannya:

1. Glasswool

Glasswool

Jenis bahan peredam yang pertama adalah glasswool, dan seperti namanya bahan peredam ini terbuat dari fiberglass. Tingkat ketebalan yang bisa dijumpai di pasaran cukup beragam dimulai dari 25mm sampai 50mm. Kami yang merupakan toko jual glasswool menyediakan dalam bentuk lembaran maupun roll. Kelebihannya sangat beragam dimulai dari harga yang lebih ramah di kantong sampai kemampuannya yang baik dalam menyerap panas.

Meski memiliki keunggulan, namun glasswool ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang tentu wajib dipertimbangkan dulu sebelum memilihnya. Kekurangan yang dimaksud antara lain:

  • Bersifat mudah menyerap uap air, sehingga materialnya mudah rontok yang tentu akan menurunkan kemampuannya dalam meredam suara seiring berjalannya waktu.
  • Jenis peredam suara yang mudah berjamur karena sifatnya tadi yang mudah menyerap uap air.
  • Jenis peredam suara yang mudah terbakar.
  • Bisa menyebabkan iritasi sebab dalam beberapa kasus ketika bersentuhan langsung dengan kulit akan terjadi iritasi.
  • Sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab dari gangguan pada saluran pernafasan.

Baca juga: Penyebab Plafon Gypsum Mudah Retak

2. Rockwool

Rockwool

Jenis kedua adalah rockwool yang juga banyak dipilih karena tak hanya efektif dalam meredam suara namun juga meredam panas. Rockwoll sendiri terbuat dari serat mineral yang diproses secara khusus untuk mendapatkan kemampuannya dalam menyerap suara. Jika diperhatikan warna dari peredam suara ini kuning pudar dan ketebalannya sendiri antara 25mm sampai 100mm.

Meski harga rockwool ini lebih lumayan dibanding jenis glasswool namun punya kelebihan tidak mudah terbakar sekaligus menyerap panas. Namun, disamping itu peredam jenis rockwoll ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Seperti:

  • Nyaris sama dengan glasswool, rockwool juga diketahui mudah rontok sehingga seiring berjalannya waktu kemampuannya akan menurun dalam meredam suara.
  • Kurang ideal untuk pemakaian jangka panjang karena bisa rusak dengan cepat, terlebih jika kondisi lingkungan kurang bersahabat.
  • Rockwool punya efek yang kurang bagus untuk kesehatan pernafasan.
  • Bisa menyebabkan iritasi pada kulit ketika terjadi kontak langsung dan akan lebih parah jika bersentuhan dengan kulit cenderung sensitif.

Peredam suara akan membantu mendapatkan privasi, sehingga cocok pula dipasang di ruang kamar pribadi maupun ruang kerja. Pemasangannya juga memberi perlindungan dari teriknya cuaca karena baik glasswool maupun rockwool punya kemampuan menyerap panas. Melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing maka bisa memilih yang dirasa paling sesuai.

Pastikan dipasang oleh ahlinya agar bisa terpasang dengan sempurna dan fungsinya bisa berjalan sesuai dengan harapan. Disini Kami jual glasswool maupun rockwool berkualitas, selain terjamin memperoleh kualitas terbaik juga mendapatkan harga yang menarik.

Leave a Reply